Narapidana Sumut Bebas di Hari Kemerdekaan RI

Narapidana Sumut Bebas di Hari Kemerdekaan RI

- in kabar medan
46
0

Teropongonline, Medan-Sebanyak 15.259 narapidana di Sumatera Utara mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan di HUT 76 Republik Indonesia. Narapidana tersebut merupakan narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjung Gusta, Medan. Selasa, (17/08/2021).

Pemberian remisi tersebut dilangsungkan secara simbolis oleh beberapa perwakilan narapidana di Aula Lapas Klas I Medan, Sumut. Adapun narapidana yang mendapatkan remisi didominasi oleh narapidana dalam kasus kriminal.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Drs. Imam Suyudi, Bc.IP.,S.H.,M.H menjelaskan dari jumlah narapidana yang mendapatkan remisi diantaranya yaitu narapidana dalam kasus pidana umum.

“Dalam hari kemerdekaan ke-76 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara memberikan remisi terhadap 15.259 narapidana diantaranya 211 yang akan bebas hari ini, diantaranya mereka semua itu dalam kasus kriminal, kasus PP 28 tahun 2006 dan PP 99 tahun 2012,” ujarnya saat diwawancarai awak media.

Ia juga menambahkan jika ada narapidana kasus korupsi yang mendapatkan remisi. “Untuk tindak pidana korupsi, tersangka PP 28 2006 ada satu orang yang PP 99 2012 ada enam orang,” tambahnya.

Lanjutnya, ia mengatakan untuk mendapatkan remisi narapidana diutamakan harus berkelakuan baik. “Pertama, mereka harus berkelakuan baik, mereka telah menjalani kasus narapidana selama enam bulan dan untuk anak telah menjalani tiga bulan dan tahap pertama mereka bisa mendapatkan satu bulan kalau mereka baru menjalani enam bulan sampai 12, tapi kalau mereka sudah menjalani satu tahun mereka mendapatkan dua bulan, baru tahun berikutnya mereka akan mendapatkan dua bulan sampai seterusnya kalau mereka berkelakuan baik mereka akan mendapatkan remisi maksimal enam bulan,” pungkasnya.

Tr : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Are there courses that focus on specific types of survival gear and equipment

Yes, there are courses that focus on specific