Batas Umur Yang Tepa Untuk Hewan Qurban

Batas Umur Yang Tepa Untuk Hewan Qurban

- in Artikel
577
0

Assalamualaikum sobat pong-pong, selain Idulfitri, hari raya Idul adha atau lebaran kurban merupakan momen yang ditunggu umat muslim. Tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia.


Nah sobat pong pong ,buat kamu yang ingin berqurban namun tak tau batas umur hewannya kami punya infonya nih


1.Domba
Untuk pemilihan hewan ini harus mencapai usia minimal 1 tahun, atau boleh dijadikan kurban ketika telah berganti gigi (al-jadza’). Hal tersebut sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, seperti diriwayatkan Ibnu Majah dalam hadis yang mengatakan, “Sembelihlah domba yang jadza’, karena itu diperbolehkan.”


2.Kambing
Beberapa ulama sepakat bahwa kambing yang dijadikan untuk kurban harus mencapai usia minimal 2 tahun. Hal tersebut diterapkan agar daging kambing yang dikurban lebih banyak dibanding umur yang masih 1 tahun di bawah.


3.Sapi
Untuk dua hewan ternak ini, beberapa ulama telah memutuskan bahwa batas minimal umur hewan itu adalah 2 tahun. Sebab pada usia tersebut baik sapi maupun kerbau telah menginjak masa remaja sehingga memiliki lebih banyak daging dan lemak.


4.Unta
Tak seperti domba, kambing, sapi atau kerbau, batas minimal umur unta justru jauh lebih lama, sekitar 5 tahun. Menurut sebagian ulama, umur hewan yang hidup di gurun pasir ini memiliki usia yang panjang dari binatang kurban lainnya. Masa muda unta juga lama. Karena itu, ulama memutuskan untuk mengurbankan unta ketika sudah berusia 5 tahun atau lebih.

nah gimana sobat pongpong ,sudah tau kan jadinya batas umur hewan qurban.

Tr : M Egi Fahreza

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Are there courses that focus on specific types of survival gear and equipment

Yes, there are courses that focus on specific